Senin, 04 November 2013



ROLLING FOOD COMPANY

“Nikmat, Mengenyangkan, Murah-Meriah”




 

Disusun Oleh :
Sella Margareta
56212904
2DF02


Universitas Gunadarma
2013









Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan “laporan proposal kerja praktek”

     Terwujudnya laporan proposal kerja ini tidak lepas dari berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran-pemikiran. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya
kepada :
1.      Dosen dan Kakak pembimbing yang telah memberikan pembekalan materi dalam pembuatan dan penyelesaian laporan proposal ini.
2.      Orang Tua yang telah memberikan doa dan semangat kepada anak-anaknya untuk menyeslesaikan laporan proposal ini.
3.      Serta kepada seluruh team Rolling Food Company” yang telah berupaya menyelesaikan laporan ini.

     Semoga segala bantuan yang tidak ternilai  harganya ini mendapat imbalan yang sesuai dari Tuhan Yang Maha Esa, dan laporan proposal ini dapat menarik para investor untuk menenmkan modalnya demi terwujudna usaha “Rolling Food Company” ini.
      Penulis menyadari  bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karrena itu kritik dan saran yang membangun  dari berbagai pihak  sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan kedepan.

Bekasi, 11 Oktober 2013











iv
BAB  I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Perusahaan
            Roti Goreng Isi merupakan makanan yang praktis dan berkarbohidrat sebagai pengganti nasi sehingga dapat mengenyangkan. Ada  dua jenis rasa, yaitu pedas dan manis dengan isi yang berbeda - beda.


1.2     Visi dan Misi
         Visi :
         Menjadikan Rolling Food Company sebagai perusahaan yang unggul dalam bidang kuliner
        
         Misi :
Ø  Membuat makanan yang cepat saji, higienis dan berprotein
Ø  Menyediakan makanan yang diminati oleh semua kalangan baik orangtua maupun anak kecil,
dengan mempertahankan cita rasa yang khas
Ø  Memberikan pelayanan yang baik dan kepuasan kepada konsumen

1.3     Motto Perusahaan
         “Nikmat, Mengenyangkan, Murah-Meriah”













1

1.4     Data Perusahaan
NO
NAMA PERUSAHAAN
Rolling Food Company
1
Bidang Usaha
Kuliner
2
Jenis Usaha
Roti Goreng Isi
3
Alamat Perusahaan
Jl. Kenanga Utara Raya
4
Nomor Telepon
089636368029
5
Twitter
Facebook
Email
@RollingFood_C
Rolling Food Company
Rollingfood@ymail.com
6
Mulai berdiri
7 Oktober 2013

















        

No
Nama
 Sella Margareta
1
Jabatan
CEO (chief executive office)
2
Tempat tanggal lahir
Jakarta, 19 Juni 1994
3
Alamat Rumah
Komp. DKI ,Pondok kelapa
4
Nomor Telepon
089601679939
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-












No
Nama
 Marya Dewi Wulan H
1
Jabatan
Production Manager
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 29 Agustus 1993
3
Alamat Rumah
Komp. Bening Indah
4
Nomor Telepon
081294489089
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-





2
No
Nama
Tria Wahyuni
1
Jabatan
Financial Manager
2
Tempat tanggal lahir
Jakarta, 19 Maret 1994
3
Alamat Rumah
Jl. Kenanga Utara Raya
4
Nomor Telepon
087780971255
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMK
7
Pengalaman Kerja
Hotel  Sahid Jaya ,House Keeping











No
Nama
 Rita Widiya Suci
1
Jabatan
Marketing Manager
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 1 November 1994
3
Alamat Rumah
Perumahan Narogong Sakti
4
Nomor Telepon
085718132057
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-












No
Nama
 Andrean Lavianta
1
Jabatan
Marketing Managar
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 31 Maret 1994
3
Alamat Rumah
Perumahan Dukuh Zamrud
4
Nomor Telepon
085695868973
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-


                                                                                                                                               















                                                                                                                                                4
BAB  II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

2.1     Produk yang Dihasilkan
        Keistimewaan Roti Goreng Isi :
Ø  Dapat disajikan setiap waktu


2.2     Analisis 4P
a.       Product
Ø  Type                      : Roti Goreng Isi
Ø  Brand                    : Rolling Food Company
Ø  Quality                  : Berkarbohidrat dan higienis
Ø  Packing                  : Mika Plastik dan Tissue
Ø  Design                   : Panjang

b.      Price
Ø  Price List Manis             : Rp. 3.000,-/pcs


c.       Promotion
Ø  Personal selling       : Menjual langsung kepada konsumen
Ø  Advertisement        :  Melalui media social seperti Twitter, BBM, Blogger, Via SMS

d.      Place
Location          : Universitas Gunadarma Bekasi


2.3     Target dan Segmentasi Pasar
a. Geografi
      Kawasan yang kami jadikan target yaitu di area kampus Gunadarma dan lingkungan    sekitarnya.
b.Demografi
            Konsumen yang dituju yaitu adalah semua usia.
                                                                                                                                                5
c. Psikografi
            Status social : Semua golongan masyarakat bisa menikmati.


2.4     Strategi Pemasaran

a.    Perkenalan Bisnis
        Mempromosikan produk dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen.
b.   Membangun Jaringan dengan Usaha  Lain yang dapat Mendukung Bisnis
Produk yang kami tawarkan berbeda dengan pengolahan roti pada umumnya namun kami memberikan inovasi rasa manis.
c.    Menciptakan Inovasi pada Design yang di Tawarkan
         Produk yang ditawarkan yaitu :
Ø  Roti Goreng Manis Isi : Pisang , Coklat, Keju.
d.   Media Pemasaran
            Kami mempromosikan secara langsung pada konsumen dan melalui media sosial­­­­­­





2.5     ANALISIS SWOT/TOWS

               FAKTOR INTERN






FAKTOR EKSTERN
STRENGTH

·   Bahan mudah di dapat

·   Harga terjangkau
·   Packing  yang menarik
·   Tempat yang strategis
WEAKNESS

·     Produk mudah ditiru
·      Produk mudah mengeras  dan   menyerap banyak minyak
·    Mengandung banyak kalori
OPPORTUNITY

·      Minat konsumen yang tinggi
·      Target konsumen yang tepat
·      Jenis makanan yang sudah dikenal


·   Mempertahankan cita rasa
·   Memperbanyak produk
·   Memanfaatkan minat konsumen yang tinggi terhadap produk yang sudah banyak dikenal



SO


·     Membuat kemasan yang steril, sehingga produk terjaga kualitas nya






WO
THREATH

·      Pesaing dalam bidang kuliner
·      Banyak nya isu negative tentang penggunaan bahan baku


·   Memasarkan kelebihan produk agar konsumen lebih selektif untuk membeli, dan merasa puas







ST


·     Memperkenalkan produk secara langsung atau melalui sosial media
·     Memberikan potongan harga untuk pembelian yang banyak
·     Menggunakan bahan yang lebih berkualitas dan higienis




WT




















8
BAB  III
ANALISIS MEMPEROLEH PRODUK

3.1     Jenis Produk
        Produk yang kami jual adalah Roti Gulung isi manis. Roti Gulung Isi Manis pisang, keju, dan Coklat.

3.2     Cara Memperoleh Produk
        Membeli bahan baku dan membuatnya sendiri.

3.3     Cara Pembuatan
9
Bahan - bahan Roti Gulung Isi Manis  :
a.       Roti Tawar
b.      Pisang
c.       Coklat
d.      Keju

Bahan - bahan penolong :
1.   Minyak goreng
2.   Tepung roti
3.   Telor
4.   Gas
5.   Mika plastic
6.   Tissue
7.   Kertas minyak























10


   BAB  IV 

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA


4.1 Struktur Organisasi











4.2     Ananlisis Kompetensi SDM
Tingkat Pendidikan
Jumlah
Bagian/Departemen
Jumlah
SD

MANAJEMEN
1
SMP

MARKETING
2
SMA/K
5
PRODUCTION
1
D3/SARJANA

FINANCIAL
1

Keunggulan dan kompetensi  SDM
a.      CEO
Bertugas sebagai pengambil keputusan, mengontrol dan memantau semua aktivitas penjualan perusahaan, mulai dari produksi, pemasaran sampai keuangan. Dan mampu membaca laporan keuangan.

b.      Marketing Manager
 Mampu memperkenalkan dan memasarkan produk yang perusahaan miliki ke pasar konsumen melalui berbagai media massa.

c.       Production Manager
      Mampu menciptakan produk yang dibutuhkan dan menarik bagi konsumen.

d.      Financial Manager
       Mencatat dan mengontrol semua transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.


SWOT & TOWS
STRENGHT ( KEKUATAN )
1. mempunyai SDM yang handal
2. banyak masyarakat yang menyukai kopi
3. harga yang kompetitif
WEAKNESS ( KELEMAHAN )
1. terbatasnya SDM
2. kurangnya pengetahuan akan rencana kewirausahaan
OPOTURNITIES (PELUANG )
1. perrilaku massyarakat yang konsumtif
2. masyarakat indonesia yang cenderung suka berada di cafe coffe
THREATS ( ANCAMAN )
1.harga bahan baku yang naik
2. selera konsumen yang berubah-ubah
3. banyak masyarakat yang ingin membuka usaha

S.O
1. memberikan promo dan strategi penjualan
2. membuat aneka varian coffe yang baru
W.O
1. menambah SDM yang mengerti tentang coffe
S.T
1. menjamin rasa dan kehigienisan produk
W.T
1. meningkatkan kualitas SDM
2. meningkatkan kualitas produk
3. menambahkan promo kepada konsumen
























BAB V
PERMASALAHAN

·         Permasalahan dalam produk kami yaitu banyaknya pesaing dalam bidang   kuliner yang sama,lalu naik turunnya harga bahan baku Dan produk yang tidak tahan lama,jika terlalu lama terkena udara produk kami akan mengeras




Perumusan Masalah.

·         Banyaknya pesaing maka kami akan membedakan dari rasa,kami mempunyai cita rasa yang berbeda dan konsumen pun pasti akan tahu mana produk kami dan mana produk lain.
Jika produk kami tidak tahan lama,kami akan usahakan membuat packing yang kedap udara dan tetap menarik untuk dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar