Minggu, 17 November 2013

mie organik



Tugas Softskill Kewirausahaan 2


Nama           : Sella Margareta
Npm             : 56212904
Kelas            : 2DF02
Tema            : Analisis membuka usaha mie organik
Kata kunci     : Mie organik ala bahan alami






BAB I
PENDAHULUAN


Latar belakang

Mie merupakan makanan yang paling banyak disukai anak hingga orang dewasa.    Di Negara Jepang, Cina dan Korea mie digunakan sebagai alternative makanan pengganti nasi. Selain itu proses pembuatan mie cukup mudah dan tidak rumit.
Dijaman yang modern ini masyarakat ingin segala sesuatunya yang cepat,oleh karnanya banyak makanan-makanan yang dibuat secara instan untuk mengikuti keinginan masyarakat,namun segala sesuatu yang instan belum tentu baik bagi kesehatan kita. Makanan yang sering kita jumpai di era modern seperti ini adalah Mie, selain karena praktis membuatnya mie juga bisa menjadi makanan pengganti nasi yang juga dapat mengenyangkan, namun banyak mie yang beredar luas dipasaran dengan merk ternama pun masih banyak kandungan bahan kimia dan pewarna kimia yang apabila dikonsumsi secara terus menerus akan mengganggu kesehatan kita.
Mie organik saat ini dapat menjadi solusi dan sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Mie organik adalah salah satu mie yang berbahan terigu, telur dll dengan campuran sayuran yang alami. Mie organik ini juga bisa dinikmati dengan bermacam varian rasa misalnya dengan campuran ayam atau bakso. Mie organik akan lebih banyak disukai karena mie ini dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan seperti sayuran dan sangat baik untuk menjadi pilihan alternatif untuk orang atau anak-anak yang kurang menyukai sayuran .






BAB II
PEMBAHASAN
Bisnis mie yang berbahan sayuran kini mulai dikenal, karna selain enak dan sehat mie ini juga mempunyai warna yang menarik sehingga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri . Mie organik ini juga mempunyai manfaat tersendiri untuk tubuh, selain enak mie organik ini sudah pasti menyehatkan.

Mie berbahan tomat misalnya, banyak diminati karena dapat mengatasi gangguan pencernaan misalnya perut kembung dan menambah nafsu makan. Sedang mie berbahan wortel, bermanfaat menjaga kesehatan mata.

Menjual mie organik tidak harus dengan investasi resto yang mewah. Kini cukup dengan sedikit investasi Anda bisa meraup untung dari penjualan mie organik yang sehat ala kaki lima. Hidangan yang disajikan sangat bervariasi dan bisa anda pilih jenis menu dengan bahan sayuran yang digemari.


Tips dalam menjalankan peluang usaha Mie organik

Beberapa ide agar usaha olahan Mie organik anda bisa terlaksana dengan efektif dan tepat sasaran perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Untuk buka usaha mie organik, anda perlu memperhatikan bahwa para konsumen anda  mencari mie yang terbuat dari sayuran yang menyehatkan. Jadi, pastikan bahwa olahan usaha mie organik anda terbebas dari bahan-bahan kimia yang justru akan mengancam kesehatan konsumen anda.

2. Kedua, anda perlu menjaga kualitas bahan produksi anda. Jangan sampai anda mengubah resep rahasia usaha mie organik anda hanya untuk memperoleh keuntungan yang lebih.

3. Yakinkan konsumen bahwa mie yang anda produksi adalah dari bahan-bahan organik , sayurnyapun harus sayur organik. Keyakinan konsumen akan mie organik yang anda produksi akan menentukan harga jual mie organik anda.

 4.  Menjaga mutu dan kesegaran mie organik yang anda produksi. Mie organik sangat identik dengan kelezatan dan warna yang menawan. Nilai jual lebih dari Mie organik terletak pada jenis sayuran dan warna tersebut. Jika ingin mie organik yang dijual laku keras. Mutu yang menyangkut rasa yang enak dan penampilan yang bagus harus tetap dijaga.

 5. Mie organik sebenarnya bisa dibuat oleh setiap orang. Jika ingin membuat sendiri sebaiknya belajar dari buku literatur masakan atau mengikuti kursus masak yang banyak tersebar. Yang perlu diperhatikan adalah mutu makanan yang dibeli harus bagus. Rasa dan bentuk mie organik siap saji tidak kalah dari produksi pabrik. Pastikan bumbu pelengkapnya yang enak dan cocok sehingga mie organik yang dijual benar-benar diterima konsumen.

6. Memasarkan produk mie organik melaui media iklan cetak, elektronik, maupun online. makin banyak konsumen tau makin banyak peluang anda untuk memperoleh keuntungan.



BAB III
JURNAL

Beredarnya isu pemberitaan mie berbahan pengawet yang tidak aman dikonsumsi mempengaruhi penjualan mie dipasaran khususnya mie instan. Jika anda takut mengonsumsi mie karena banyak mengandung formalin, pengawet dan juga bahan pewarna tekstil, meskipun dikatakan dikandung dalam jumlah yang “aman” di tiap porsinya, namun penumpukan zat-zat tersebut dalam tubuh, tentu tidak kita inginkan.
Mulai sekarang tidak usah bingung, karena sekarang telah hadir berbagi macam mie dengan ekstrak sayur-sayuran organik yang disebut dengan mie organik dan tentunya mengandung banyak manfaat. Mie organik bebas dari bahan pengawet. Selain itu mie dengan sayur organik ini bebas dari bahan pengawet. Bahan baku mie organik sangat mudah didapatkan, seperti bayam, wortel, sawi, tomat, dan sebagainya yang diolah dengan campuran tepung terigu atau jenis tepung yang lain.
Mie organik saat ini sedang trend dikalangan mereka penyuka mie. Mie organik adalah mie yang khusus dibuat dari ekstrak sayuran organik yang kaya vitamin dan mineral serta senyawa aktif lainnya. Selain itu, mie organik menghasilkan mie dengan warna yang menarik. Misalnya, warna hijau dari ekstrak bayam, warna ungu dari ekstrak bit, warna merah dari ekstrak angkak, warna orange dari ekstrak wortel, warna putih dari ekstrak jagung dan semua bahan-bahn tersebut merupakan pewarna alami.

Berikut adalah manfaat dari mie ogranik:
EKSTRAK BAYAM
Mengandung  vitamin A dan C, zat besi dan fosfor fosfor.
Mengatasi penyakit anemia.
Dapat mengencangkan kulit dan mengatasi kelelahan.
EKSTRAK BIT
Mengobati penyaki hati dan kanker empedu
Baik untuk pencegahan penyakit anemia karena meningkatkan sel darah merah.
Dapat menghancurkan sel tumor dan sel kanker.
Mampu menurunkan kolesterol
EKSTRAK WORTEL:
Kaya akan sumber vitamin A, B, C, D, E, dan K.
Mampu mempertajam penglihatan.
Dapat memperbaiki gangguan kulit.
Mengatasi keracunan oleh logam berat

Di jaman yang serba cepat ini janganlah sampai kita melupakan kesehatan kita karena kesehatan itu sangat penting, kita dapat memilih menu makanan yang sehat dan bergizi,salah satu contohnya adalah mie berbahan organik dari sayur-sayuran dan buah yang telah terbukti kesehatanya, kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi secara rutin karena tidak akan mengganggu kesehatan kita dan rasa dari mie organik ini tidak kalah lezat dengan mie instan.
Untuk Anda yang penggemar mie, mulai sadar saat ini untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan bergantilah untuk mengkonsumsi mie organik yang lebih sehat.



Sumber Artikel :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar