Jumat, 28 September 2012

Belajar Merencanakan Masa Depan

       masa depan seperti apa yang harus kita inginkan ? tiga tahun lagi kita ingin menjadi apa ? pertanyaan sederhana , tetapi sering kali kita sulit menjawabnya. mungkin  kita belum memikirkan karena bagi kita hidup ini dijalani saja apa adanya . namun , begitukah hidup yang kita inginkan?
tentu kita pernah mendengar sebuah ungkapan, ''semua yang saat ini dan akan datang dimulai dari mimpi''. ungkapan ini menggambarkan betapa sangat pentingnya memiliki mimpi akan datang dimulai dari mimpi.
      mempersiapkan masa depan bisa dimulai dari sekarang :
1.pahami bahwa memiliki masa depan adalah penting
      kita harus mulai menetapkan bahwa masa depan itu sendiri merupakan kehidupan. apa yang kita lakukan adalah demi cita-cita. jadi, masa depan itu muara dari semua yang kita lakukan dan menggerakan kita untuk maju.

2.bangun masa depan
      motivasi bisa datang dari dalam atau luar diri kita. motivasi dari luar diri kita bisa datang dari orang tua , kakak, guru , pacar, teman, atau tokoh yang kita idolakan. namun, motivasi dari dalam diri jauh lebih baik dan punya daya juang yang luar biasa. kita bisa mulai dengan mengumpulkan banyak informasi mengenai objek cita-cita masa depan yang kita inginkan.

3.kenali potensi diri
      dengan mengenal potensi diri, kita bisa mulai memilih dan merencanakan cita-cita kita. caranya, dengan melihat diri kita, apa yang kita senangi, bakat kita, kemampuan kita dan aspek lainnya yang kita punya, lalu mengasahnya sehingga dapat menjadi lebih baik. di sisi lain, hambatan-hambatan yang mungkin merintangi untuk mencapai cita-cita perlu juga kita pikirkan sehingga kita dapat mencairkan solusi secara cepat untuk mengatasi hambatan tersebut.

4.rencanakan target masa depan
      kita harus mulai mengambil keputusan mengenai cita-cita masa depan. hal ini akan membantu kita untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan. rencana masa depan yang kita tetapkan dapat berubah rencana jangka pendek dan jangka panjang. jangka pendek bisa dalam rentang 1-5 tahun. artinya, dalam 1-5 tahun kita ingin menjadi seperti apa. sementara jangka panjang bisa berupa rencana kita dalam 10 tahun ke depan.

5.evaluasi rencana masa depan kita
      bisa saja ditengah jalan kita menemukan hal-hal baru yang membuat kita ingin mengubah rencana masa depan kita. hal ini tidak menjadi masalah. makanya kita harus mengevaluasi rencana masa depan kita. hal yang penting, apa yang kita rencanakan sesuai dengan diri kita, memberikan dampak positif dan memungkinkan untuk kita capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar