Jumat, 11 Oktober 2013

Rolling Food Company



ROLLING FOOD COMPANY

“Nikmat, Mengenyangkan, Murah-Meriah”



 

Disusun Oleh :
Sella Margareta
56212904
2DF02


Universitas Gunadarma
2013


Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan “laporan proposal kerja praktek”

     Terwujudnya laporan proposal kerja ini tidak lepas dari berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran-pemikiran. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya
kepada :
1.      Dosen dan Kakak pembimbing yang telah memberikan pembekalan materi dalam pembuatan dan penyelesaian laporan proposal ini.
2.      Orang Tua yang telah memberikan doa dan semangat kepada anak-anaknya untuk menyeslesaikan laporan proposal ini.
3.      Serta kepada seluruh team Rolling Food Company” yang telah berupaya menyelesaikan laporan ini.

     Semoga segala bantuan yang tidak ternilai  harganya ini mendapat imbalan yang sesuai dari Tuhan Yang Maha Esa, dan laporan proposal ini dapat menarik para investor untuk menenmkan modalnya demi terwujudna usaha “Rolling Food Company” ini.
      Penulis menyadari  bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karrena itu kritik dan saran yang membangun  dari berbagai pihak  sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan kedepan.

Bekasi, 11 Oktober 2013


RINGKASAN EKSEKUTIF
     ROLLING FOOD COMPANY” berdiri pada tanggal 07 oktober 2013 oleh lima mahasiswa Universitas Gunadarma. Berawal dari kursus Kewirausahaan yang memberikan pembekalan materi tentang bagaimana cara berwirausaha yang benar dan penyusunan proposal usaha,
“ROLLING FOOD COMPANY”.
     Usaha ini telah dirancang menjadi produsen roti goreng isi yang siap bersaing dengan para competitor yang terlebih dahulu memperkenalkan produk ini. Dengan dana bergulir yang diberikan oleh Direktorat D-3 Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma sebesar Rp. 400.000, usaha ini dimulai dengan harapan kesuksesan.
     Roti goreng isi yang di buat berbahan seperti roti bakar dan sandwich, namun dengan 2 jenis yang berbeda ada manis dan juga pedas, sehingga membedakan produk ini dengan produk-produk lain yang ada di pasaran. Dengan tambahan rasa manis sehingga perbedaan dari produk ini sangat jelas dirasakan oleh para konsumen.
     Roti goreng ini akan di jual dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp. 3.000,- . Sebagai permulaannya, produk ini akan dijajakan disekitar kampus Universitas Gunadarma dan masyarakat sekitarnya.
     Semoga proposal ini dapat terwujud mambangun usaha Roti goreng isi dan mengembangkannya sesuai dengan visi dan misi. Atas perhatian nya penulis ucapkan terimakasih. 






iv
BAB  I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Perusahaan
      Roti Goreng Isi merupakan makanan yang praktis dan berkarbohidrat sebagai pengganti nasi sehingga dapat mengenyangkan. Ada  dua jenis rasa, yaitu pedas dan manis dengan isi yang berbeda - beda.


1.2     Visi dan Misi
        Visi :
        Menjadikan Rolling Food Company sebagai perusahaan yang unggul dalam bidang kuliner
       
        Misi :
Ø  Membuat makanan yang cepat saji, higienis dan berprotein
Ø  Menyediakan makanan yang diminati oleh semua kalangan baik orangtua maupun anak kecil,
dengan mempertahankan cita rasa yang khas
Ø  Memberikan pelayanan yang baik dan kepuasan kepada konsumen

1.3     Motto Perusahaan
        “Nikmat, Mengenyangkan, Murah-Meriah”













1

1.4     Data Perusahaan
NO
NAMA PERUSAHAAN
Rolling Food Company
1
Bidang Usaha
Kuliner
2
Jenis Usaha
Roti Goreng Isi
3
Alamat Perusahaan
Jl. Kenanga Utara Raya
4
Nomor Telepon
089636368029
5
Twitter
Facebook
Email
@RollingFood_C
Rolling Food Company
Rollingfood@ymail.com

6
Mulai berdiri
7 Oktober 2013

















       

No
Nama
 Sella Margareta
1
Jabatan
CEO (chief executive office)
2
Tempat tanggal lahir
Jakarta, 19 Juni 1994
3
Alamat Rumah
Komp. DKI ,Pondok kelapa
4
Nomor Telepon
089601679939
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-












2
No
Nama
 Marya Dewi Wulan H
1
Jabatan
Production Manager
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 29 Agustus 1993
3
Alamat Rumah
Komp. Bening Indah
4
Nomor Telepon
081294489089
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-


No
Nama
Tria Wahyuni
1
Jabatan
Financial Manager
2
Tempat tanggal lahir
Jakarta, 19 Maret 1994
3
Alamat Rumah
Jl. Kenanga Utara Raya
4
Nomor Telepon
087780971255
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMK
7
Pengalaman Kerja
Hotel  Sahid Jaya ,House Keeping














3
No
Nama
 Rita Widiya Suci
1
Jabatan
Marketing Manager
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 1 November 1994
3
Alamat Rumah
Perumahan Narogong Sakti
4
Nomor Telepon
085718132057
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-











No
Nama
 Andrean Lavianta
1
Jabatan
Marketing Managar
2
Tempat tanggal lahir
Bekasi, 31 Maret 1994
3
Alamat Rumah
Perumahan Dukuh Zamrud
4
Nomor Telepon
085695868973
5
Alamat Email
6
Pendididkan Terakhir
SMA
7
Pengalaman Kerja
-


                                                                                                                                                                                                4
BAB  II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

2.1     Produk yang Dihasilkan
        Keistimewaan Roti Goreng Isi :
Ø  Dapat disajikan setiap waktu
2.2     Analisis 4P
a.       Product
Ø  Type          : Roti Goreng Isi
Ø  Brand        : Rolling Food Company
Ø  Quality      : Berkarbohidrat dan higienis
Ø  Packing     : Mika Plastik dan Tissue
Ø  Design       : Panjang

b.      Price
Ø  Price List Manis    : Rp. 3.000,-/pcs


c.       Promotion
Ø  Personal selling     : Menjual langsung kepada konsumen
Ø  Advertisement      :  Melalui media social seperti Twitter, BBM, Blogger, Via SMS

d.      Place
Location          : Universitas Gunadarma Bekasi


5
2.3     Target dan Segmentasi Pasar
a. Geografi
      Kawasan yang kami jadikan target yaitu di area kampus Gunadarma dan lingkungan    sekitarnya.
b.Demografi
   Konsumen yang dituju yaitu adalah semua usia.
c. Psikografi
   Status social : Semua golongan masyarakat bisa menikmati.


2.4     Strategi Pemasaran
a.    Perkenalan Bisnis
       Mempromosikan produk dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen.
b.   Membangun Jaringan dengan Usaha  Lain yang dapat Mendukung Bisnis
Produk yang kami tawarkan berbeda dengan pengolahan roti pada umumnya namun kami memberikan inovasi rasa manis.
c.    Menciptakan Inovasi pada Design yang di Tawarkan
     Produk yang ditawarkan yaitu :
Ø  Roti Goreng Manis Isi : Pisang , Coklat, Keju.
d.   Media Pemasaran
     Kami mempromosikan secara langsung pada konsumen dan melalui media sosial











6
2.5     ANALISIS SWOT/TOWS



               FAKTOR INTERN






FAKTOR EKSTERN
STRENGTH

·   Bahan mudah di dapat

·   Harga terjangkau
·   Packing  yang menarik
·   Tempat yang strategis
WEAKNESS

·     Produk mudah ditiru
·      Produk mudah mengeras  dan   menyerap banyak minyak
·    Mengandung banyak kalori

OPPORTUNITY

·      Minat konsumen yang tinggi
·      Target konsumen yang tepat
·      Jenis makanan yang sudah dikenal



·   Mempertahankan cita rasa
·   Memperbanyak produk
·   Memanfaatkan minat konsumen yang tinggi terhadap produk yang sudah banyak dikenal



SO


·     Membuat kemasan yang steril, sehingga produk terjaga kualitas nya






WO
THREATH

·      Pesaing dalam bidang kuliner
·      Banyak nya isu negative tentang penggunaan bahan baku


·   Memasarkan kelebihan produk agar konsumen lebih selektif untuk membeli, dan merasa puas







ST


·     Memperkenalkan produk secara langsung atau melalui sosial media
·     Memberikan potongan harga untuk pembelian yang banyak
·     Menggunakan bahan yang lebih berkualitas dan higienis




WT




8
BAB  III
ANALISIS MEMPEROLEH PRODUK

3.1     Jenis Produk
      Produk yang kami jual adalah Roti Gulung isi manis. Roti Gulung Isi Manis pisang, keju, dan Coklat.

3.2     Cara Memperoleh Produk
        Membeli bahan baku dan membuatnya sendiri.

3.3     Cara Pembuatan
9
Bahan - bahan Roti Gulung Isi Manis  :
a.       Roti Tawar
b.      Pisang
c.       Coklat
d.      Keju

Bahan - bahan penolong :
1.   Minyak goreng
2.   Tepung roti
3.   Telor
4.   Gas
5.   Mika plastic
6.   Tissue
7.   Kertas minyak


10


   BAB  IV 

ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA



4.2     Ananlisis Kompetensi SDM
Tingkat Pendidikan
Jumlah
Bagian/Departemen
Jumlah
SD

MANAJEMEN
1
SMP

MARKETING
2
SMA/K
5
PRODUCTION
1
D3/SARJANA

FINANCIAL
1

Keunggulan dan kompetensi  SDM
a.      CEO
Bertugas sebagai pengambil keputusan, mengontrol dan memantau semua aktivitas penjualan perusahaan, mulai dari produksi, pemasaran sampai keuangan. Dan mampu membaca laporan keuangan.

b.      Marketing Manager
 Mampu memperkenalkan dan memasarkan produk yang perusahaan miliki ke pasar konsumen melalui berbagai media massa.

c.       Production Manager
      Mampu menciptakan produk yang dibutuhkan dan menarik bagi konsumen.

d.      Financial Manager
       Mencatat dan mengontrol semua transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar